untaian kata kepada dunia

Thursday, January 17, 2013

Orientasi Kemenkeu TA 2012


Orientasi CPNS Kementerian Keuangan TA 2012



Here we go! Seminggu belakangan ini temen-temen satu angkatan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kemenkeu pada heboh pemirsah. Apa pasal? Pasalnya adalah berhembus kabar..halah..kabar dari dirjen sebelah a.k.a sekjen kalo hari kemarin mau ada orientasi pegawai baru sama pak Menteri. Aaahaa pak menteri keuangan republik Indonesia yang terhormat itu, Bapak Agus Martowardojo. Pasalnya kita gak ada dapet kabar dari bagian kepegawaian. Heboh dong. Semingguan ini gak di grup BB, WA, bahkan gtalk pun ngebahas soal ini. Masak kita gak disambut sama pak menteri sih. Masak anak sekjen sama perben doang sih L.

Kemudian kita gangguin terus dong itu bagian kepegawaian. Dan yang ketiban sial adalah mas Yogi..HAHAHAHAH
Akhirnya persis pada hari lusa kemarin resmi sudah dapet gtalk dari mas Yogi yang bilang “oi ni nota dinasnya udah di tangan, besok kalian ke gedung Djuanda ketemu pak Menteri.” Pheeeww lega pemirsah. Norak banget ya kita pemirsah pengen banget ketemu sama pak Menteri yang mulia itu..mihikhikhik.
Daaan kehebohan belum usai pemirsah. Kemaren malem lagi asyik bobo cyantik kebangun dong dapet sms dari mas Yogi yang kembali memastikan besok jangan lupa mau ketemu pak menteri. DAN HAPALKAN!!! Nilai-nilai kementerian keuangan. Apa tuuuh? *kedip-kedip cantik*
*harap disuarakan dengan suara secentil-centilnya*
Integritas (tangan kanan dikepal ditaruh di dada kiri)
Profesionalisme (tangan kanan dikepal, kayak kalo ngomong MERDEKA!)
Sinergi ( tangan kanan dan kiri disatukan macem ibu-ibu PKK kalo mau paduan suara)
Pelayanan (tangan kanan dan kiri dibuka macem menyambut tamu)
Kesempurnaan (tangan posisi hormat)
*apalkan luar biasa pokoknya hasil out bond kemaren berhasil *YES! *apaan sik cik -_-“

Pagi hari kemarin terasa biasa saja. Bangun buat subuhan kemudian...tidur lagi...padahal udah di-BBM sama si ipin @mrznurhani udah di jalan aja dong dia..luar biasa sekali kan pemirsa. Bangun lagi..beneran kalo ini..kemudian ke kamar mandi tidak lupa bawa hp dan setel playlist maroon 5 dan lagu andalan mood booster akhir-akhir ini “love somebody”.. Ooo ooh, oooh ooh, oooh ooh ooh ooooh (sampe sekarang masih heran kenapa si mas adam levine itu cuma ngeluarin suara ooh ooh yeah yeah aja seksinya minta dicakar, digigit sampe bikin kelonjotan *oke uci cukup kembali ke orientasi *okesip)
Nyetrika baju putih, celana item, kerudung item, udah kece banget kayak trainee indomaret e’e cicak *kalem. 

Yaudah yuk dipersingkat aja kali ya ceritanyah. Ceritanya para pendekar DJKN yang berjumlah 15 biji ini udah siap sedia di aula gedung Djuanda II. Pas masuk langsung berasa hawa sejuk yang dikeluarkan oleh pendingin ruangan (gak kayak kantorku. Sumuk. Ayo dong pak dirjen markit bikin pengadaan AC)
Aslinya orientasi ini udah direncanakan tanggal 3 Desember 2012 kemaren, tapi berhubung bentrok sama jadwalnya pak menteri akhirnya acaranya disesuaikan lagi sama jadwal beliau. Nah akhirnya secara resmi kami disambut oleh menteri keuangan RI beserta para dirjennya. Nah tujuan dari orientasi ini sendiri sih sepenangkapanku ya pak menteri secara pribadi ingin menyambut kami para pegawai baru. Kan para dirjennya juga kasih sambutan gitu yah komennya pada sama. Kalian beruntung banget bisa disambut sama pak menteri langsung beserta para dirjennya. Jaman mereka dulu boro-boro menteri, diterima sama Kepala bagian aja enggak.

Well yeah rada terharu juga sih sampe segitunya mereka menyambut kami para pegawai baru yang unyu-unyu ini..mihihihi.
Kesan pas dapet pengarahan dari pak Menteri tu ya pak Agus tu auranya kuat banget. Serius. Entah daku punya cenayang apa gimana, cuma tiap liat orang fokus lebih lagi kalo orang itu berdiri atau duduk dengan latar polos terlebih putih bisa keliatan gitu auranya. Biasanya putih berpendar pudar gitu. Nah kalo punya pak Agus ini kuat banget pendarannya dan ada garis putih bening berpendar di sekitar badannya. Sampe terpana liatnya. Sama kayak dirjen perben kalo gak salah aah lupak, dirjen DJKN pak Hadijanto juga gitu kuat auranya, beda gitu. Jangan tanya gimana baca aura. Aku pun tak tau, artinya pun tak tau, cuma bisa liat kayak gitu doang. Titik.

Yang paling terkesan dapet arahan dari dirjen DJKN pak Hadijanto tercinta. Bapaknya lucu, gak kaku, gak kayak birokrat pada umumnya lah dan perhatian banget sama kami.. We love you pak..ahahahah

Btw setelah dapet sambutan dari menteri dan jajaran pejabatnya jadi mulai bertanya pada diri sendiri. Is this really something i want to do? Terlebih waktu pak Agus bilang "kalo anda ke sini untuk mencari materi di sini   bukan tempatnya. Di sini tempat bagi anda yang ingin mengabdi dan mengembangkan negaranya. Insya Allah hidup cukup tapi tidak kaya raya."

Dari dulu memang aku agak rumit sih. Tiap cari kerjaan aku selalu cari apa ni yang aku cari di tempat itu selain uangnya. Kalo aku gak nemuin alasan selain untuk uang ya aku gak bakal daftar. Nah waktu di kemenkeu ini gak mikir macem-macem karena aku cuma coba-coba dan gak kepikiran keterima sih. mehehehe.

Dan ternyata kami ini pegawai yang datang disela-sela larangan. Seperti yang kita tau ada MoU bahwa kementerian gak akan narik pegawai sampai 2012. Jadi bakal ada bukaan lagi 2013. Nah karena emang kekurangan pegawai kemenkeu sampai bikin analisis beban kerja dll deh sampe akhirnya disetujui wapres buat rekrut pegawai. Dan bagi kementerian lembaga mana saja yang ingin rekrut pegawai ya lakukan apa yang kemenkeu lakukan.

Jadi yah alhamdulillaah banget. Tapi ya itu tau lah pemerintahan birokrasi dkk itu kayak mana. Dan pilihanku cuma 2. Satu turut bergabung sebagai agent of change to make our government better or Dua leave it. Doakan saya ya pemirsa biar bisa ikut bangun negara ini lebih baik. Biar bisa jadi abdi negara yang berintegritas. Amiiiin.

Nah terakhir ni dapet arahan dari sekjen lupa bagian organisasinya kalo gak salah. Beliau cerita waktu beliau habis nikah dan bilang ke istrinya "saya janji saya gak akan bawa uang haram ke rumah ini. Do you agree? and she said "I do". Yampun pas denger itu aku berkaca-kaca dong. Menurutku itu lebih berarti dari sekedar "I Love You" kalimat itu bener-bener komitmen si pria yang pingin jadiin pernikahan mereka barokah dan diberkahi Allaah, sakinah, mawaddah, warohmah. terharu banget. Pengen banget pria masa depanku bilang kayak gitu ke aku.

Nah kan pas lagi cerita sama temenku, aku cerita kayak gitu ke dia, yah temenku ini perbandingan edan dan warasnya kayaknya 10:90 persen gitu. Nah tampaknya aku lagi beruntung dapet 10% nya pas lagi waras sih ini kayaknya kemudian bilang "aku janji cuma mau beri yang halal untuk kamu, aku, dan masa depan kita". Kata-kata bapaknya keren tapi yah emang kalimat positif selalu lebih baik. Rasanya beda. Positive labelling ceritanya. Kalo cewek kan berarti ngomongnya "aku cuma mau nerima rejeki yang halal dari kamu untuk aku, kamu, dan masa depan kita." Itu statement yang bakal aku kasih ke pria masa depanku. Kan cita-citanya biar keluarganya barokah, dilimpahi berkah sama Allah trus jadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.. Amiiin

Jadi pemirsah sekian laporan pandangan mata saya pada orientasi cpns kementerian keuangan. Mohon maap karenan ngalor ngidul. Cyukup syekian dan terima kasyih. Wassalamu'alaikum.



2 comments:

Anonymous said...

sekarang di Kemenkeu ya ci??

wah selamat ya :)

Lusia Agasty P said...

iya. makasi ya udah sempatkan membaca :)

Post a Comment

My Blog List

Powered by Blogger.

© 2011 L'histoire de Ma Vie, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena