untaian kata kepada dunia

Tuesday, January 15, 2013

Habis Gelap Terbitlah Terang



"Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata "aku tiada dapat!" melenyapkan rasa berani. Kalimat "aku mau!" membuat kita mudah mendaki puncak gunung."

Sebelum baca buku ini, saya sempet mikir ngapain sih kita tiap 21 April kudu ngerayain hari kartini segala. Kayaknya biasa aja gitu, soal emansipasi itu. Ternyata pas baca buku ini baru ngerti, ternyata pemikiran beliau ini luar biasa sekali, melampaui zamannya deh. Yang bikin terpana lagi pemikiran akan kehidupan pada umumnya dan usahanya menyetarakan kaum wanita dan pria itu keluar dari dirinya-- seorang wanita jawa kuno, dipingit pula. Kagum deh. Walaupun ada yang bilang dia bukan pahlawan wanita sebenarnya dan usahanya belum cukup besar untuk jadi pahlawan, saya tetap kagum sama R. A. Kartini.

"agama harus menjaga kita daripada berbuat dosa, tapi berapa banyaknya dosa diperbuat orang atas nama agama itu!"


Review buku ini repost dari akun saya di goodreads. Karena jarang online di goodreads saya repost ke blog aja deh...

Sebenernya banyak banget kalimat-kalimat dari buku ini yang bisa dijadiin quote. Luar biasa pokoknya. Ya memang pahlawan wanita di Indonesia bukan hanya Kartini. Tapi hanya dia yang menulis, menuangkan pemikirannya dalam kata-kata. Dulu entah saya pernah baca atau berdiskusi dengan seseorang. Intinya pada akhirnya yang akan dikenang oleh dunia adalah tulisan kita.

Pernah dengar Lucca Pacioli? Yang anak akuntansi pasti tidak asing dengan nama ini. Ya beliau adalah "bapak akuntansi" tapi tahukah kalian kalau sebenarnya praktik akuntansi sendiri sudah diterapkan jauh sebelum Lucca Pacioli menulis bukunya. Dan bukunya si Mbah Lucca ini pun sebenarnya tentang matematika dan hanya ada satu bab saja yang membahas akuntansi, lebih tepatnya persamaan dasar akuntansi Asset = Liabilities + Equities. Dan karenanya Lucca Pacioli disebut sebagai bapak akuntansi.

Kemudian ada pula Columbus si penemu benua Amerika. Saya pernah berdiskusi dengan teman saya, dan dia bercerita bahwa sebenarnya suku bugis telah menginjakkan kaki lebih dulu di benua Amerika daripada Columbus tapi yah begitulah Columbus dengan catatan perjalanannya menasbihkan dia sebagai penemu benua Amerika.

Jikalau kau ingin dikenang dunia. Menulislah.
Dalam bentuk apapun itu. Walau hanya sekedar rangkaian aksara yang mencoba membebaskan diri dari sudut pikiran.

Dan di sinilah saya, mencoba untuk memintal untaian kata kepada dunia agar setidaknya pemikiran saya tidak turut terkubur bersama raga saya kelak ketika waktunya tiba.

Oya sekalian ah mau bikin #SweepingDeclaration. Mau bikin review tentang buku yang aku baca dan film yang aku tonton. Doakan sayah pemirsah agar tetap istiqomah!!! Amiiin!!!

0 comments:

Post a Comment

My Blog List

Powered by Blogger.

© 2011 L'histoire de Ma Vie, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena