untaian kata kepada dunia

Monday, January 14, 2013

I Need Them More :')

Kemaren ada bilang mau posting tentang Rumah Bimbel Senen (RBS) kan ya. Nah kali ini akan saya tepati. 
Awal tau soal RBS ini dari sahabatnya mbak ku, mbak septi. Dulu waktu awal-awal di Tangerang dan pas ada tes kerja di Jakarta aku sering nginep di kos nya. Dan berceritalah dia kalo kakaknya dia, mb Ita, jadi relawan pengajar di kolong jembatan senen. Waktu itu belum tau kalo namanya RBS. Berhubung saya suka sama hal-hal yang berbau sosial-pendidikan, saya minat banget ikutan. Secara tujuan jangka pendek saya tu ikutan #KelasInspirasi yang diadain sama #IndonesiaMengajar, bisa dibilang dikit-dikit latihan ngajar gitu kan ya.


Nah waktu itu semangat banget tanya ke mbak Ita gimana caranya biar bisa ikutan. Ternyata gampang banget, tinggal ikutan aja, tiap hari Sabtu jam 4. Nah sayangnya waktu itu aku kerja sampe hari Sabtu sampe jam 3. Gagal lah, eh gak gagal ding, hanya tertunda. Salah satu motivasiku buat pindah kerja, cari tempat kerja baru sana-sini ya ini, biar bisa ikutan ngajar di RBS.

Alhamdulillah banget akhirnya kesampean dapet tempet kerja yang deket banget sama RBS. Malah bisa jalan kaki lho. Nah waktu awal ikutan itu weekend pas sebelum natal. Waktu itu dapet kontaknya mb Ai. Janjian lah kami di atrium senen. Ngobrol ngalor ngidul. Dan dari situ mb Ai sih kayaknya bener-bener kasih gambaran gimana keadaan di sana. Biar gak kaget gitu. Nah kan kirain di kolong jembatan tapi ternyata alhamdulillah udah pindah ke rumah gitu, gara-gara menang lomba komunitas dan kemudian dapet hadiah uang dan disewain rumah.

Mb Ai bilang kalo banyak banget yang minat ikut jadi relawan pengajar tapi ya itu pada akhirnya seleksi alam, perlahan-lahan mulai menghilang. Dan katanya lagi anak-anak itu sensitif ya. Kalo bahasaku sih jiwa mereka itu pure, bisa memahami mana yang tulus sama yang enggak. Apapun yang dilakukan dengan hati pasti akan menyentuh hati juga kan. Dan dibilangin juga jangan takut kotor ya soalnya mereka kebanyakan gak pake alas kaki.

Dibilangin kayak gitu satu kekhawatiranku. Gimana kalo ternyata anak-anaknya gak seneng sama aku, gimana kalo ternyata mereka menganggap aku gak tulus. Asli khawatir banget. Soal jangan takut kotor..ahahah come on, im the most njijiki girl you've ever met perhaps, mandi aja jarang. Nah pas dateng ke RBSnya ternyata anak-anaknya ramah-ramah banget. Aku dateng langsung digandeng. Minta dipangku ditemenin baca buku. Terharu banget dah.

Nah berhubung aku baru dan belum bisa bikin kurikulum, aku akhirnya ikutan ngajar (baca: nemenin main) anak-anak TK gitu, semacam PAUD-TK gitu lah. Nah waktu itu kita mewarnai. Aku ada nemenin satu anak  cewek umurnya sekitar 5 tahun. Sambil mewarnai dia tiba-tiba cerita soal kampungnya, dia bilang dia suka di kampungnya tu rame gak kayak di rumah. Takut kalo di rumah. Lha kenapa gitu kan aku tanya. Dan dia bilang kalo Bapaknya suka mukul Ibunya. Ibunya minta uang ke Bapaknya dan Bapaknya gak punya uang, kemudian marah kemudian mukulin. My heart was broken dengernya :'(. Anak sekecil itu udah dapet masalah kehidupan yang gak ringan. Aku sampe gak tau mau bilang kayak mana. Akhirnya cuma bilang, belajar yang rajin ya biar pinter biar dapet kerja trus bisa bantuin Ibu, biar Ibu gak usah minta uang lagi ke Bapak. Gak ngerti bener apa gak omonganku itu buat anak sekecil dia, apa dia ngerti apa gak. What i was thinking "say some words, fine words to comfort her". Walaupun harusnya bisa bilang sesuatu yang bisa lebih memotivasi sih. Pun sampe sekarang aku tetep gak ngerti mau bilang apa kalo disuruh nambahin.

Nah setelah itu kan libur 2 minggu karena ada natal dan tahun baru. Setelah tahun baru kegiatan belajar-mengajar belum mulai, bagi-bagi kado katanya. Tapi aku gak ikutan gara-gara sakit dan pindahan kos. Nah baru ikut lagi tanggal 12 kemaren. Sempet khawatir juga mereka masih inget aku gak ya. Eh pas dateng langsung ditarik-tarik buat nemenin baca.

Jadi ada satu anak, kayaknya dia baru lancar baca dan seneng banget baca. Bacanya keras-keras gitu dan ketika ada kata yang sulit langsung nengok ke aku. Ada lagi anak baru dateng langsung minta pangku minta dibacain buku. Yampuuuun seneng banget aku. Berasanya tu kayak punya anak sendiri :'). Ada lagi nih, sebelum kelas dimulai anak-anaknya pada baris sesuai dengan kelompok umur dan atau kelas. Nah pas padabaris gitu aku biasanya berdiri paling depan biar bisa liat anak-anaknya. Lucu-lucu sih tingkahnya. Nah ada anak yang berdiri paling depan, Yanti, gelendotin aku. Meluk-meluk gitu.. Yampuuun seneng banget dah. Secara aku juga emang suka gelendotan orangnya dan mungkin juga karena jablai *kedip-kedip* ada yang meluk-meluk jadi seneng...ahahahha. Tapi emang dasarnya seneng anak kecil sih, yah itung-itung belajar bersikap kalo ntar punya anak sendiri kan :')

Nah ini nih foto-foto minggu kemaren:

                                          Si unyu Dea. Paling suka dipangku :)



                                          Si energetic Indah :)


           Farhan. Bukan kak, "P"arhan..bingung kakak han yang bener Farhan apa Parhan -_-"

                                          Tiara "gadis manis gemar membaca" :)

                                  Hari pertama bareng Indah & Aini *sini, kakak sun satu-satu :* :*




                                          Pameeeeeeeeeeer :p



                                          Namaku Pian kak.

                    Kok kakak curang sih aku gak dibantuin. Ih kakak curang ih, gerutu Pian :D

Orang-orang pada bilang kok mau sih ci, kayak gitu kan gak dibayar ya. Kamu berakhlak mahmudah sekali ci, celetuk si mas hen waktu di taxi umpel-umpelan bareng mas wis+mas arta dalam perjalanan ke semanggi. Ahahahha cuma bisa ketawa. Nih ya yang sebenernya aku kayak gini bukan buat mereka tapi buat aku sendiri. Pada dasarnya apa aja yang kita lakukan actually it's all for our own good, gak percaya? Bukan mereka yang butuh kebaikan kita, terlepas siapa pun orang yang kita bantu lho ya. Tapi ya buat kebaikan kita sendiri karena dengan berbuat sesuatu bikin orang seneng itu otomatis bikin kita seneng juga kan ya. Gitu gak sih berasanya?

Kayak kata mas Boy hidup kalo gak manfaat buat sekitar buat apa hidup? True, i feel alive. Tiap dateng dan ngeliat wajah ceria mereka hatiku membuncah. It's not for them, it's for me. Yeah true, they need me, my help (us, our help) but i need them more :)
I. Need. Them. More :')


Jakarta, 14 Januari 2012
Lusia Agasty P

2 comments:

Anonymous said...

very inspiring mbak uci,mari kita bangun indonesia dari yang kecil2 gini..semangaat aku juga ga mau kalah haha..
anggit

Lusia Agasty P said...

masih jauh kalo dibilang inspiring nggit. i didnt do much.
mariii nggit, ayo cari dan atau bikin di bali juga nggit trus share nggit.

enihu makasi banget ya udah mampir ke blog ku dan kasih komen. yah walo sebelumnya pake ditagih dah liat apa belum dan dipaksa kasih komen :p
nyahahah thanks a lot mamen!

Post a Comment

My Blog List

Powered by Blogger.

© 2011 L'histoire de Ma Vie, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena