untaian kata kepada dunia

Saturday, July 31, 2010

The Secret of Love


Status FB saya merupakan kutipan dari widyawati ketika ditanya apa rahasia cinta beliau dan alm. Sophan Sofian. Banyak yang bertanya-tanya, penasaran, kok bisa sih udah jadi kakek nenek masih mesra. Widyawati bilang

"Cinta itu seperti tanaman. Tanaman kalo mau subur dikasih apa hayo? Ya disirami, diberi pupuk, dirawat. Demikian juga dengan cinta. Jangan sungkan bilang cinta, rindu, dan bersikap mesra terhadap pasangan. Mentang-mentang sudah lama menjalin hubungan trus males melakukan itu semua, apaan sih udah lama ini ngapain bilang sayang, bilang rindu, mesra-mesraan. Salah. Jangan begitu. Saya sama om tiap hari bilang sayang, tiap hari mesra-mesraan. Itulah rahasianya cinta kami tetap subur."

Saya suka sekali melihat pasangan ini. Selain pasangan ini saya juga suka pak Habibie dengan ibu Ainun. Mungkin banyak pasangan di luar di sana yang menganggap ngapain terus-terusan bilang sayang, mesra-mesraan, kalo jauhan bilang rindu. Kan pasangan pastinya juga udah tahu kalo kita merasa begitu, ngapain bilang-bilang. Norak ah. Tindakan itu penting kawan, tindakan itu merepresentasikan apa yang kita rasakan, tindakan itu menghangatkan. Tapi kata-kata juga penting karena kata-kata itu menyejukkan.

Menurut saya kurang lebih sama lah kayak positive labelling. Kalo kita pingin orang terdekat kita berhasil sering-sering lah melabeli mereka dengan kata-kata positif "memang kamu ini hebat! kamu emang pinter! kamu luar biasa! kamu pemberani!". Sebenernya sama aja kan kayak di atas, kita-kita bisa aja tidak mengatakan hal-hal ini kepada adek, anak, sodara karena kita merasa mereka memang sudah seperti itu, atau bahkan mereka tidak seperti itu kenapa pula kita capek-capek bilang. Salah. Dengan kita mengatakan hal-hal positif tentang mereka maka kepercayaan diri mereka akan meningkat.

Menurut saya inti dari semua ini adalah pengakuan. Kita sadari atau tidak, kita, manusia membutuhkan pengakuan dari orang terdekat kita, penghargaan dari orang terdekat kita. Mungkin walaupun kita tidak mendapatkan pengakuan, penghargaan dari orang terdekat kita, kita bisa sukses. Menurut saya itu karena kita memberikan label positif kepada diri kita sendiri.

Tapi saya tidak memandang cinta demikian. Kita tidak bisa memberikan label positif kepada diri kita. Bagaimanalah bisa kita merasakan cinta, rindu jika pasangan kita tidak menunjukkannya dengan tindakan dan/ atau kata-kata. Manalah bisa kita memberi label positif kepada diri kita sendiri bahwa pasangan kita cinta, rindu pada kita. Maka dari itu tunjukkanlah dengan tindakan dan kata-kata. Tidak bisa hanya dengan tindakan saja tanpa kata-kata, apalagi hanya dengan kata-kata tanpa tindakan. Tidak bisa!

Nah sudah kah kita bilang cinta/ rindu kepada orang terdekat kita???

0 comments:

Post a Comment

My Blog List

Powered by Blogger.

© 2011 L'histoire de Ma Vie, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena