untaian kata kepada dunia

Wednesday, January 29, 2014

The Calling

Labbaikallahuma Labbaik, Labbaika La Sharika Laka Labbaik, In-nal-hamda, Wan-ni'mata, Laka Wal-mulk, La Sharika Lak.




Pertengah 2012 kemarin sempet pingiiin banget bisa bertandang ke baitullah. Umroh aja deh dulu ya Allooh 2013 atau 2014 deh ya Allaah. Cuma kan melihat kondisi keuangan waktu itu kayaknya gak memungkinkan akhirnya mung mbatin tok. Naah tengah 2013 diajakin umroh sama orang tua dan berangkat awal 2014. Alhamdulillaah.

Suka terkagum-kagum sendiri sama hidup ini. Pas kita mikir kita gak bisa, aah kita punya apa sih..it's out of our league. Ternyata entah datang dari mana kemudahan datang gitu aja. Emang bener rejekinya Allah itu datang darimana aja gak kita sangka dan gak bisa kita itung. Alhamdulillaah.

Mau cerita dikit yaa sampe akhirnya berhasil memenuhi panggilanNya.
Setelah dikabarin kalo orang serumah mau umroh aku semangat dong..aku juga daftarin dooong. Ntar kamu gak dapet ijin...aaah dapet dapet udah dapet cuti kok kan udah setahun. Pokoknya ngebet banget pingin umroh. Apa pasal? Karena berasanya level iman lagi low banget. Butuh suntikan rohani bangets. Dari kerjaan sampe percintaan. Butuh keluar dari rutinitas. Segera.

Tapi gak ada impian yang tercapai tanpa ada halangan kan ya. Naaah ini dia..
Halangan #1
Pas ditanya paspor ternyata paspor ku gak ada. Belum pernah dipake. Padahal yakin nyimpen di kamar di jogja di rak barang-barang penting dan gak ada dong. Yasudin langsung bikin paspor baru minta diurusin temennya temen yang kerja di imigrasi Jak Pus. Dan ngurusnya lamaaaaa banget. Sabar sesabarnya deh gue. Gak taunya paspor lama ketemu, pas nanya ke temen paspor baru gak usah diproses katanya jangan..ntar kamu malah gak bisa going abroad lagi ci seumur idup..yudah tetep proses paspor baru..lamaa bangeeettts..sampe detik terakhir satu minggu sebelum berangkat baru jadi..belum lagi ngurus visa..dan ternyata sama bapak proses daftar umrohnya pake paspor lama udah dapet visa pulak...mak jegeeer..pening awak.

pas hari H bapak nyamperin ngasih paspor baru. Nih dipegang dulu kamu tetep pake paspor lama udah ada visanya..kalo ditanya baru keluarin paspor baru kalo gak ditanya ya udah gak usah dikasih paspor barunya. Mencelos gueeeh. Kalo gak bisa berangkat gimanaaaa...akhirnya pas lewat imigrasi lolos dong..alhamdulillaaaaah.

Berasanya kok kayaknya susah banget ya mau bertamu ke rumah Allaah. Tapi ya dites kali ya sepingin apa aku pergi ke sana..dibikin susah masih mau gak pergi. Alhamdulillaah masih.

Kan katanya hanya orang-orang yang berakal yang mampu memetik pelajaran. Nah pingin dong termasuk ke dalam orang-orang beruntung yang berakal.

Pas tawaf, sempet kepikiran kenapa sih kita kudu tawaf ngiterin ka'bah..menyerukan namaNya. Pas tawaf ke sekian baru ngeh kalo ketika kita tawaf ya itu lah kehidupan kita. Semacam refleksi kehidupan dalam skala kecil tapi maknanya sama. Bahwa hidup kita itu berputar. Bahwa dalam hidup harus terus maju. Bahwa rintangan dijegal orang disikut orang itu biasa tapi kita kudu tetep maju. Bahwa kita gak bisa berdiam saja yang ada malah digencet orang dan digerus waktu. Kita bisa berdiam tapi dunia dan isinya tetap bergerak berputar. Bahwa kalau kita melawan apa yang sudah digariskan bukan hal yang bijak, karena bisa jadi semua sia-sia dan meninggalkan luka. Sesuatu yang sudah fitrahnya pasti akan kembali ke fitrahnya. Bahwa hidup itu ada saatnya selo ada saatnya kerja keras, ada orang yang memutuskan untuk menikmati keseloannya ada juga yang memanfaatkan untuk mempercepat langkahnya untuk  mencapai mimpinya. Dan pikir ku gak ada yang salah dengan itu semua. Bahwa ada yang menjegal menyikut orang lain dalam perjalanannya mencapai tujuannya, ada juga yang sampai ke tujuannya tanpa menjegal dan menyikut siapa-siapa. Kalau kita melapangkan jalan orang lain, jalan kita akan semakin lapang kok. Itu fitrah. Bahwa sejauh apa pun kita mengembara akhirnya kita akan "pulang" kepadaNya.

Dan udah umum banget kan ya kalo pas di tanah suci kudu jaga omongan pikiran dan hati. Dan bener banget karena omongan suka seenaknya mikir juga seenaknya akhirnya kena batunya.

Kayak waktu di masjid nabawi, ada tempat yang namanya rawdah. Suatu tempat antara mimbar rasulullah SAW dengan rumahnya, dan menurut riwayat "bahwa antara mimbar ku dan rumah ku adalah taman surga" dan katanya itu salah satu tempat mustajab untuk berdoa. Dan untuk cewek ada jam khusus kalau mau berkunjung ke sana, aku ke sana 2 kali, 1 kali gagal, 1 kali berhasil, waktu berhasil itu sempet males-malesan karena sungguh berdesak-desakan melebihi antrian BLT. Disikut sana-sini, sampe mbatin dih gini amat sih mau sholat di sini mau berdoa, malesin banget dah, eeeh gak tau nya tiba-tiba mundur aja gitu dong..dipotong orang padahal udah setengah jalan..berasanya kayak dibilangin sama rasulullah SAW "heeeh lo kalo gak mau ribet gak usah ke sini, lo gak liat orang dari seluruh dunia berbondong-bondong ke sini mau berdoa di sini rela desek-desekan, kalo lo gak mau ya udah pergi sono, masih banyak yang mau kalee" berasanya kayak diomongin gituuu. Langsung makjedeg dongs...langsung istighfar deh..alhamdulillaah bisa sholat dan berdoa di sana. Maap ya Allah SWT.

Trus pas di masjidil haram kan juga banyak orang tu..naah yang pada pake ihram kan gak pake wangi-wangian kan ya..dan aromanya itu yaaa...ya Allah..dan sampe keucap sama aku..semacam bau prengus kalo orang jawa bilang. Aku makan berasa prengus, papasan sama orang berasa prengus..eeh sampe hotel berasa prengus juga..kenapa sih prengus melulu..trus bapake bilang...kamu sih prengas prengus melulu, minta ampun sanah. Makjedeg lagi dong. Semenjak itu udah gak berasa prengus kemana-mana kalo pas papasan aja. Fiuh...

Nah pesan moralnya adalah ya harusnya hidup itu gitu, yang diomongin kudu positif yang dipikirin kudu positif. Bisa jadi ni ya bisa jadi apa-apa aja yang terjadi dalam hidup kita yang kita anggap sebagai kemalangan kesialan ya sebenernya itu buah dari pikiran negatif kita dalam memandang hidup. Ya jadi kalo pingin hal-hal positif dan kebaikan mendatangi kita ya berkata-kata positif lah ya berpikir positif lah.


Yaa begitu lah sedikit pelajaran yang berhasil dipetik dari perjalanan kemarin, semoga bermanfaat buat kita semua..aamiiin.


It's very nice to go travelling but it's much nicer to come home ~

2 comments:

teguhwibowo said...

Barakallah...

hehe.. lama ga berkunjung kesini

Lusia Agasty P said...

makasi mas teguh sudah berkenan mampir :)

Post a Comment

My Blog List

Powered by Blogger.

© 2011 L'histoire de Ma Vie, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena