untaian kata kepada dunia

Monday, October 21, 2013

Free will

Pernahkah kamu memikirkan, kenapa kamu hidup sebagai kamu? Kenapa kamu harus menjalani kehidupan yang kamu alami dan jalani sekarang? Kenapa kamu tidak menjalani kehidupan seorang Miranda Kerr? Atau Cara Delevingne? Atau Adam Levine atau Justin Timberlake? Tapi kudu kamu!

Mulai kepikiran gak sekarang? 
Jadi gini.
Pernah dengar gak kalau hidup ini hanya sementara dan hanya sandiwara? 
Saya pernah. Dan itu tertulis di kitab suci agama yang saya anut. Ada beberapa ayat yang menuliskan bahwa dunia itu hanya panggung sandiwara, hanya senda gurau dan sementara.
And I believe that God is its script writer, casting manager, and also its director. We're all just His actors and actresses.

Saya yakin setiap yang diciptakan Tuhan pasti punya perannya masing-masing dalam kehidupan ini. Siapa jadi siapa melakukan apa. Siapa yang jadi aktor utama siapa jadi pemeran pendukung.
Dan jadi pemeran apa pun kita. Mainkanlah peran kita dengan baik. Masak iya udah capek-capek hidup di dunia gak ada sesuatu yang bisa kita lakukan untuk  menjadikan dunia ini lebih baik. Gak cuma lahir-sekolah-sekolah-sekolah-sekolah-kerja-nikah-bikin anak-punya anak-cari duit-bikin anak-cari duit-mati. Gitu aja siklusnya. Bosen gak sih? Setidaknya buatlah kehidupan kita yang sementara di dunia ini penuh makna. 

---

Pernah kepikiran gak? Sebenarnya kita ini punya kehendak bebas akan hidup kita atau semuanya sudah tertulis? Detail sampai per detik apa yang terjadi dalam hidup kita?
Saya jadi kepikiran jangan-jangan Tuhan punya teknologi maha canggih. Mengingat Dia adalah maha segala kan ya. Katakanlah semacam program excel yang maha canggih yang punya fungsi "if". Pada tau kan ya cara kerjanya gimana. rumus if ataupun multiple if
Fungsi Logika If
IF (Jika)
=IF(uci="pergi","ketemu jodoh",IF(uci="tidak pergi","ketemu jodohnya tahun depan"))

Fungsi If Dengan Dua Ekspresi
If(Or(
IF(AND(
=IF(OR(uci="sedekah",uci="dhuha"),10*rejeki uci)
=IF(AND(uci="tahajjud",uci="puasa"),10*hidup uci)

Misalnya tanggal 21 oktober 2013 hujan deras, uci rencananya mau pergi lari marathon.  Kalau uci pergi maka dia akan bertemu calon jodohnya di lari marathon kalau tidak dia akan bertemu jodohnya tahun depan.

Kalau uci istiqomah sedekah atau dhuha maka rejeki uci akan bertambah 10 kali lipat
Kalau uci istiqomah tahajjud dan puasa sunnah maka jalan hidup uci akan dilapangkan dimudahkan 10 kali lipat.

HA! HA!
Gitu gak sih? Amazing banget ya.
Kalau saya pikir sih, kita punya dua-duanya. Kehendak bebas dan juga suratan takdir yang tidak bisa diganggu gugat. Yang gak bisa diganggu gugat itu kayak kita itu pasti mati. Nah yang beginian dalam agama yang saya anut namanya qodho dan qodar.

---
Kepikiran lagi.  Apakah menjadi pemberontak itu salah? 
Gara-garanya baca halaman awal Infernonya Dan Brown yang ngutip Inferno nya Dante Alighieri di bukunya The Divine Comedy yang terdiri dari Inferno, Purgatorio, dan Paradiso. Inferno sendiri artinya neraka dalam bahasa Itali. Nah si Eyang uyut Dante ini bilang kalo Inferno itu “The darkest places in hell are reserved for those who maintain their neutrality in times of moral crisis"

So, for me being rebellious is not wrong at all. It doesn't mean I'm only breaking the rules. It means that i do not stop caring.  I do not choose to be neutral when something goes wrong in my environment. There's something i stand and fight for. Dan itu yang bikin hidup kita bermakna kan? Ada sesuatu yang kita perjuangkan.

Tragedi itu bukan ketika krisis moral terjadi, tapi ketika ia terjadi dan tidak ada orang yang peduli.
Di belahan dunia sini ada yang kelaparan, tidak tersentuh pendidikan, tapi di belahan dunia sana tidak peduli yang penting diri sendiri tidak mengalami. Keamanan diri sendiri dijunjung tinggi dan mengindahkan penderitaan orang lain.

Dan ya..menurut Eyang yut Dante, tempat tergelap di neraka itu ya buat orang-orang kayak mereka ketika terjadi sesuatu yang salah maka dia tidak melakukan apa-apa padahal dia punya kemampuan untuk itu.

Dan saya merasa beruntung bahwa di negeri tempat saya berdiam masih ada orang-orang yang berdiri dan kerja bakti untuk melakukan perjuangan melawan krisis yang terjadi di sini.

Ah udah ah bobok ah.


N.B: Don't be so serious. It's just random thoughts that pop up when you're suffering from insomnia at 2 am and need to get up at 3 am


0 comments:

Post a Comment

My Blog List

Powered by Blogger.

© 2011 L'histoire de Ma Vie, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena